Minggu, 28 November 2010

gunung bromo meletus


Gunung Bromo Meletus


Aktivitas Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (26/11) sekitar pukul 17.40 Waktu Indonesia Barat, meletus. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Surono, letusan Gunung Bromo mencapai ketinggian 500 meter dari bibir kawah. "Sejak 3 hingga 26 November 2010 aktivitas Bromo memang terus meningkat. Terjadi pembesaran di tubuh Gunung Bromo, hingga terjadi letusan. Meski letusan Bromo tidak mengganggu masyrakat sekitar, sekiranya masyarakat tetap harus memperhatikan," tegas Surono.

Karena sifat Gunung Bromo berbeda dengan Gunung Merapi di Jawa Tengah, maka PVBMG tidak akan akan memperluas zona bahaya sejauh 4 kilometer. "Zona bahaya mencakupi lautan pasir. Hingga saat ini belum ada decision dari PVBMG untuk untuk memperluas atau mengecilkan zona berbahaya," papar Surono.

Pihak PVBMG juga tidak mengetahui energi yang masih tersimpan di tubuh Gunung Bromo. "Dilihat akitivitas kegempaan dan gunung terus melengkung, status awas belum bisa diturunkan, karena masih berpotensi meletus. Bagian puncak hingga tubuh Gunung Bromo terus mengembang," kata Surono kepada Zelda Savitri.

Dibandingkan dengan Gunung Merapi, kalau diibaratkan Gunung Bromo ini adalah hotel bintang satu, sedangkan Gunung Merapi layaknya hotel bintang lima. Letusan Gunung Bromo juga hanya mengeluarkan abu atau pasir, tidak mengeluarkan awan panas seperti Gunung Merapi.(RIZ)

diambil dari:{http://metrotvnews.com/read/newsvideo/2010/11/26/117655/Gunung-Bromo-Meletus}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar