Senin, 29 November 2010

pegunungan Rocky

Pegunungan Rocky


Daerah White Goat Wilderness, Alberta, Kanada
Rocky Mountains, atau sering disebut Rockies, merupakan rangkaian pegunungan yang memanjang di sebelah barat Amerika Utara. Panjangnya lebih dari 3 ribu mil (4.800 kilometer) membentang dari British Columbia, di Kanada, sampai New Mexico, di Amerika Serikat. Puncak tertingginya adalah Gunung Elbert, di Colorado, kurang lebih 4.401 meter) diatas permukaan laut (dpl). Gunung Robson, berada pada ketingian 3.954 meter adalh puncak tertinggi di Canadian Rockies. Sistem Pegunungan Rocky Mountain termasuk kedalam United States physiographic region.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Geografi and geologi

Pegunungan Rocky biasanya didefinisikan membentang dari Liard River di British Columbia, sampai ke Rio Grande di New Mexico. Pegunungan ini dapat juga dianggap membentang dari Alaska atau Mexico, namun pegunungan tersebut lebih dianggap sebagai bagian dari seluruh American cordillera daripada bagian dari Rockies.
Bagian termuda dari pegunungan Rocky terangkat semasa zaman Cretaceous akhir (140 juta-65 juta tahun yang lalu), meskipun sebagian pegunungan sebelah selatan terangkat pada zaman Precambrian (3.980 juta-600 juta tahun yang lalu). Kondisi geologinya terdiri dari kompleks batuan beku dan batuan metamorf; yang termuda adalah batuan sedimen (berada di sepanjang batas selatan pegunungan Rocky), dan batuan vulkanik dari zaman Tersier (65 juta-1.8 juta tahun yl.) berada di daerah Pegunugan San Juan dan di beberapa daerah lain.
http://www.tempointeraktif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar